IMG_20160817_092011Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, Rabu 17 Agustus 2016 UniversitasPandanaran mengadakan Upacara Bendera. Bertempat di Kampus Unpand Tembalang Semarang, Upacara Bendera ini dimulai pukul 07.15 WIB dihadiri oleh civitas akademika Unpand yang terdiri dari segenap Pejabat Yayasan, Rektorat, Dosen, Karyawan, serta Mahasiswa.

Dalam Pidatonya Rektor Universitas Pandanaran membacakan Pidato MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI Pada Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 menyampaikan bahwa tahun 2016 sebagai Tahun Inovasi. Diharapkan melalui pencanangan tahun Inovasi ini, ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dapat segera diwujudkan. Dalam peringatan 71 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, mari kita wujudkan Gerakan Nasional Ayo Kerja Nyata Gelorakan Inovasi di bidang kerja kita masing-masing. Mari kita bekerja nyata ciptakan berjuta produk hasil inovasi  untuk kemajuan Indonesia. Dengan bekerja nyata, sesungguhnya kita merenda masa depan Indonesia – yang maju dan unggul. Dan hanya bangsa yang mampu menghasilkan inovasi akan menjadi bangsa besar yang unggul dan berdaya saing.

Dalam Upacara bendera ini juga diresmikan dicanangkan Pembentukan Klinik bisnis di setiap jurusan, pembangunan kampus baru, Pemberian beasiswa PPA kepada mahaiswa berprestasi dan Penghargaan IEBS dan Unpand Goes ASEAN.