Adanya regenerasi tidak menyurutkan mahasiswa Arsitektur Universitas Pandanaran (UNPAND) untuk terus meraih prestasi sebagai Juara di kancah nasional maupun internasional. Pada tahun 2021, mahasiswa arsitektur UNPAND berhasil meraih Juara III International Student Competition yang diselenggarakan 2021 Guangdong – Hong Kong – Macao Greater Bay Area Association of Southeast Asian Nations International Colleges Design and Construction Competition, dan juga Juara I Sayembara Redesain Eco-Building Basilia Restaurant yang berkompetisi dengan 200 peserta mahasiswa arsitektur dan desain dari Perguruan Tiinggi di seluruh Indonesia.

Meski berganti tim dengan para juniornya, pada 20 Agustus 2022 lalu Arsitektur UNPAND berhasil meraih Juara III dalam kompetisi mahasiswa tingkat Internasional “The 5th Guangdong – Hong Kong – Macao Greater Bay Area yang diselenggarakan oleh Association of Southeast Asian Nations International Colleges Design and Construction Competition. Ini adalah kompetisi ke-5 yang dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya dengan Universitas Warmadewa sebagai penyelenggara untuk divisi Indonesia. Kompetisi ini menantang skills mahasiswa untuk mengeksplorasi bentuk dan desain paviliun menggunakan bambu sebagai material utamanya, dimana karya dari 2 Juara Pertama nya akan dibangun di Guangzhou Nansha Bird Park dengan skala 1:1.

Tidak tanggung-tanggung, terdapat 11 orang Juri Utama dengan 6 juri dari Indonesia dan 5 juri dari China: (1) Iris Hong-Yi Ying / Vice Chairman of Southeast Asia Designers Alliance; (2) Dr. Charlie Xue / Fellow Architectural Society of China (ASC), Fellow Chartered Institute of Architectural Technologists (CIAT); (3) Zhong Guangju / Co-Founder of Atelier cns; (4) Nuno Soares / Senior Lecturer Programme Coordinator for the Master in Architecture and the Bachelor of Architecture Studies at the University of Saint Joseph Macau; (5) Sheng Yuhong / Chairman & Chief Architect, Shing & Partners Design Group.

Kompetisi Tahunan ke-5 ini diikuti oleh 59 tim mahasiswa arsitektur dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, dan hanya 12 tim yang dapat melanjutkan ke tahap terakhir yakni Presentasi secara offline pada tanggal 20 Agustus 2022 di Universitas Warmadewa, Bali. Ke-12 tim yang menjadi Finalis tersebut berasal dari Universitas Pandanaran Semarang (UNPAND), Universitas Warmadewa, Universitas Tanjungpura, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Udayana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), dan Universitas Medan Area.

Setelah melalui proses penjurian secara online dan offline yang dilaksanakan di Gedung Graha Saba, Universitas Warmadewa pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 mulai dari jam 09.00 WITA sampai dengan 16.00 WITA, pada akhirnya diumumkan bahwa 4 tim yang berhasil meraih Juara III adalah Universitas Pandanaran yang diwakili oleh 8 mahasiswanya yaitu Yb Vino Andika Anugrah Pratama, Indira Setya Putri, Dimas Prasojo Nur Huda, Rarfalendo Mosses Siallagan, Farkhy Perdana Majid Mahila, Ramadhan Mukti Pangestu, Hikmah Purnama Sari, dan Rizaq Pandu Khasbi. Dengan dosbing Mutiawati Mandaka, ST, MT dan Ir. Adi Sasmito, MT. Di posisi juara III lainnya juga ditempati oleh penyelenggara lomba Universitas Warmadewa, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sumatera. Untuk Juara II diraih oleh 3 tim yakni dari Universitas Warmadewa, Universitas Tanjungpura, dan Universitas Indonesia. Sedangkan 2 tim yang meraih Juara I adalah tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Udayana.

Prestasi yang berhasil diraih mahasiswa Arsitektur UNPAND tesebut tidak lepas dari support Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra. Hj. Harini Krisniati, M.M. dan juga Rektor Universitas Pandanaran Agustien Zulaidah, S.T., M.T. yang mendukung penuh baik dari segi materiil dan moril. Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Pandanaran, Ir. Adi Sasmito, MT mengapresiasi pencapaian mahasiswanya dalam kompetisi berskala internasional. “Merupakan suatu prestasi yang besar dan membanggakan bagi mahasiswa beserta dosen pembimbingnya. Selamat dan sukses atas prestasinya sebagai Juara III, dan mudah-mudahan karya selanjutnya bisa benar-benar terbangun di Guangzhou, China”, katanya. Dia berharap inovasi dan eksplorasi desain mahasiswa dalam sayembara ini bisa meningkatkan capaian pembelajaran dalam bidang perencanaan arsitektur khususnya di Prodi Arsitektur UNPAND.

Link youtube penjurian: https://youtu.be/Bg9E7j2TitU