SEMARANG, suaramerdeka.com – Pesatnya perkembangan dunia arsitek hendaknya diimbangi dengan peningkatan kreativitas dari sejumlah mahasiswa arsitektur.  Melalui kegiatan sayembara mahasiswa re-design eco building Basilia Restaurant yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Arsitektur (Hima) Universitas Pandanaran, diharapkan dapat mengasah kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia.  

Sayembara ini dibuka pendaftaran sejak 12 Februari lalu diikuti oleh 350 peserta mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS seluruh Indonesia. Adapun penjuriannya juga melalui 2 tahap, memasukkan karya 84, penjurian tahap pertama menentukan lima finalis, penjurian tahap kedua serta presentasi final. Pada Sabtu (27/3) lalu di Universitas Pandanaran telah dilakukan penjurian tahap kedua.

Tim juri terdiri dari Dosen Prodi S1 Arsitektur Universitas Pandanaran yaitu Anityas Dian Susanti, Dosen Prodi S1 Arsitektur Universitas Diponegoro Resza Riskiyanto, juga dari Owner Basilia Group Hannes Mathias Engeler. Basilia Group merupakan sebuah grup yang berbisnis restoran di Kota Semarang sejak 2006 yang mengusung konsep spirit natural dan sustainable dari masing-masing brand resto yang bernaung di bawah Basilia Group.

Kaprodi Arsitektur Universitas Pandanaran Mutiawati Mandaka menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai kegiatan kreatifitas Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMA) Universitas Pandanaran. Baik terlibat sebagai kepanitiaan juga dalam kegiatan perlombaan dan pameran. Terkait dengan Kampus Merdeka, kegiatan ini merupakan implementasi dari perkuliahan yang sudah diikuti mahasiswa.

“Tujuannya adalah agar desain yang sudah direncanakan pada saat perkuliahan lebih terlihat kreatif inovatif dan sesuai dengan tuntutan zaman. Selain itu, mahasiswa dapat memiliki pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pandanaran Ir Adi Sasmito didampingi salah satu juri Anityas Dian Susanti, menambahkan, sayembara ini mengambil konsep eco building. Dikatakannya, konsep eco building sangat penting di era sekarang karena membangun dengan memperhatikan keselarasan  dengan alam, pencahayaan dan penghawaan alami dan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Sementara pada sayembara tersebut,  Tim Universitas Pandanaran berhasil memenangkan sayembara. Menurut Owner Basilia Group Hannes Mathias Engeler, mahasiswa arsitek Universitas Pandanaran berhasil menghasilkan desain yang ikonik, suistainable dan green building sesuai dengan tema sayembara yaitu eco building.