Tujuan survei kepuasan pengguna sumber daya manusia ini adalah mengetahui kepuasan pengguna layanan yang mencerminkan gambaran kinerja pemberi layanan di unit sumber daya manusia Universitas Pandanaran. Manfaat hasil survey digunakan untuk memberikan masukan guna meningkatkan kualitas pelayanan sumber daya manusia terutama pada dosen dan tenaga kependidikan
Survey terhadap kepuasan dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di Universitas Pandanaran. Kuesioner disusun dengan menggunakan indikator : 1) lingkungan kerja fisik, 2) lingkungan kerja non fisik, 3) motivasi, 4) supervisi, 5) gaji, 6) benefit, dan 7) jenjang karir. Menggunakan skala Likert berjenjang 5 (lima) yaitu Sangat Puas/SP, Puas/P, Cukup Puas/CP, Tidak Puas/TP, Sangat Tidak Puas/STP. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Responden akan diberikan 7 pertanyaan yang terkait dengan kepuasan pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di Universitas Pandanaran.
Survey dilaksanakan secara online melalui : https://forms.gle/v64mP81sm9BocYfx7
Survey dilaksanakan secara berkala secara periodik setiap tahun sekali.
Tabel Jumlah Data Responden
No |
Responden |
Jumlah |
1 |
Dosen |
30 |
2 |
Tenaga Kependidikan |
18 |
Jumlah |
48 |
Hasil survey dinalisis secara statistik dan menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap pengelolaan dan pengembangan SDM di Universitas Pandanaran yang diperoleh dengan perhitungan skor jawaban responden yang sesuai dengan butir pertanyaan. Perhitungan kriteria/kategorinya adalah Sangat Puas (30 -35), Puas (24 – 29), Cukup Puas (18 – 23), Tidak Puas (12 – 17), dan Sangat Tidak Puas (6 – 11).
Berikut ini hasil pengolahan data yang telah dilakukan :