Kacang asin oven dikenak produk olahan kacang yang dikembangkan di daerah Kalinyamatan Jepara. Upaya peningkatan produksinya masih sangat terbatas akibat pewirausaha tidak mampu menaikkan jumlah produksinya secara signifikan. Hal ini disebabkan karena proses produksi yang masih bersifat tradisional. Tim UNPAND melakukan pengabdian masyarakat dengan menggandeng mitra UKM didesa tersebut.
Belum adanya upaya terapan teknologi tepat guna berakibat Volume produksi kacang asin oven ini belum mampu melayani pesanan partai besar karena kapasitas produksi mengandalkan tenaga manusia dan sinar matahari. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini menampilkan terapan teknologi untuk meningkatkan volume olahan dari produsen kacang asin. Program ini bertujuan diantaranya meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Pedesaaan. Produsen Kacang Asin Oven Mulya Jaya menggunakan pasir putih yang mempunyai tekstur lembut di ambil dari Pantai Bandengan untuk proses penyangraian kacang tanpa menggunakan minyak. Pemilihan pasir putih ini dilakukan dengan maksud karena jenis pasir putih tidak merusak kulit ari dari kacang sehingga kualitas kacang asin tetap bagus.
Pengolahan produksi dibantu dengan mesin penggorengan kacang secara elektrik dengan pasir, mesin pengeringan elektrik juga. Program lainnya berupa peningkatan manajemen serta ketrampilan wirausaha, pelatihan manajemen usaha kecil dan menengah, dan pelatihan pemasaran produk secara online. Kegiatan berlangsung lancar pada tahun 2020 ini.