Tingkatkan kompetensi lulusan, Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang, jalin kerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Phintraco Sekuritas, KSEI, KPEI serta IDX yang berada di bawah naungan BEI (Bursa Efek Indonesia). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di kampus Unpand, Banjarsari Barat,Tembalang, Semarang, Rabu (21/3).

Dalam kesempatan tersebut, juga turut diresmikan Galeri Investasi (GI) dan Seminar Nasional tentang Pasar Modal sebagai Alternatif Investasi. Peresmian Galeri Investasi dilakukan secara bersama antara Rektor, Kepala Divisi Pengembangan Wilayah PT BEI M Khadafi Mukrom, Associate Director of Phintraco Sekuritas Ferawati, serta Rusly Albas selaku Deputi Direktur Pengawasan dan Perijinan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY.

“Mahasiswa Unpand , dipersiapkan sebagai pemimpin. Oleh karenanya salah satu upayanya, dengan mengundang lembaga yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi seperti OJK, Phintraco Sekuritas, KSEI, KPEI serta IDX . Diharapkan tidak hanya bertambah ilmu pengetahuan tentang investasi di berbagai bidang usaha, namun sekaligus ikut serta sebagai pelakunya,” lanjut Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc.

Sementara, Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Nur Satyo Kurniawan dalam paparannya menyampaikan, bahwa OJK dibentuk berdasarkan UU no.21 Tahun 2011 yang bertujuan sebagai regulator dan pengawas perbankan di Indonesia kecuali koperasi.

Ferawati menambahkan jika Galeri Investasi di Unpand adalah yang ke-6 di Semarang 86 yang tersebar di seluruh PT di Indonesia. Dengan adanya Galeri Investasi diharapkan mahasiswa hanya bermodal Rp 100 ribu bisa belajar perdagangan saham di Indonesia, berlatih dan sekaligus praktek dengan menggunakan mesin simulator (Profit Simulator), melalui akun simuator mahasiswa bisa melakukan transaksi secara real.

Sementara, Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra Harini Krisniati MM, selaku yayasan yang menaungi Unpand Semarang, menuturkan kerjasama tersebut sangat menstimuli berbagai pihak, untuk ikut menghidupkan investasi di berbagai usaha baik perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank. Haparannya perekonomian Indonesia bisa semakin meningkat di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, setelah memberikan materi seminar nasional, Kepala Divisi Pengembangan Wilayah PT BEI M Khadafi Mukrom juga melantik empat mahasiswa yang berkompeten, untuk menjadi petugas Galeri Investasi di Universitas Pandanaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.