Survey Kepuasan Pengguna Sumber Daya Manusia - Universitas Pandanaran Semarang

Maksud dan Tujuan

Tujuan survei kepuasan pengguna sumber daya manusia ini adalah mengetahui kepuasan pengguna layanan yang mencerminkan gambaran kinerja pemberi layanan di unit sumber daya manusia Universitas Pandanaran. Manfaat hasil survey digunakan untuk memberikan masukan guna meningkatkan kualitas pelayanan sumber daya manusia terutama pada dosen dan tenaga kependidikan

Metode Evaluasi

Survey terhadap kepuasan dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di Universitas Pandanaran. Kuesioner disusun dengan menggunakan indikator : 1) lingkungan kerja fisik, 2) lingkungan kerja non fisik, 3) motivasi, 4) supervisi, 5) gaji, 6) benefit, dan 7) jenjang karir. Menggunakan skala Likert berjenjang 5 (lima) yaitu Sangat Puas/SP, Puas/P, Cukup Puas/CP, Tidak Puas/TP, Sangat Tidak Puas/STP. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Responden akan diberikan 7 pertanyaan yang terkait dengan kepuasan pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di Universitas Pandanaran.

  1. Instrumen

    Survey dilaksanakan secara online melalui : https://forms.gle/v64mP81sm9BocYfx7

  2. Pelaksanaan survey

    Survey dilaksanakan secara berkala secara periodik setiap tahun sekali.

Responden

Tabel Jumlah Data Responden

No

Responden

Jumlah

1

Dosen

30

2

Tenaga Kependidikan

18

Jumlah

48

Hasil Survey

Hasil survey dinalisis secara statistik dan menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap pengelolaan dan pengembangan SDM di Universitas Pandanaran yang diperoleh dengan perhitungan skor jawaban responden yang sesuai dengan butir pertanyaan. Perhitungan kriteria/kategorinya adalah Sangat Puas (30 -35), Puas (24 – 29), Cukup Puas (18 – 23), Tidak Puas (12 – 17), dan Sangat Tidak Puas (6 – 11).

Berikut ini hasil pengolahan data yang telah dilakukan :

 




 

ÂÂ