Maksud dan Tujuan
Maksud dilakukannya kegiatan pengukuran tingkat pemahaman sivitas akademika terhadap Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas adalah agar dapat diketahui tingkat pemahaman sivitas akademika dengan data mutakhir. Sedangkan tujuan dilakukannya kegiatan pengukuran tingkat pemahaman terhadap Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas secara berkala adalah agar diketahui tingkat pemahaman sivitas akademika terhadap Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas yang kemudian diolah dengan menggunakan Skala Linkert dan dianalisis kemudian dibandingkan dengan target pencapaian yang tercantum dalam Rencana Strategis Fakultas.
Metode Evaluasi
Keberhasilan pencapaian VMTS yang telah ditetapkan saat ini sedang dalam proses pelaksanaan, karena program studi ini baru berdiri dan melaksanakan penerimaan pada tahun 2019. Akar masalah pelaksanaan Visi dan Misi prodi yakni sosialisasi ke masyarakat berbarengan dengan prodi lain. Sehingga informasi kurang tersampaikan secara utuh, dan pemahaman yang ditangkap kurang lengkap.Telah dilakukan survey secara berkala untuk mengetahui sejauh mana pemahaman civitas academica tentang visi dan misi Program studi S1 Kewirausahaan.
Survey terhadap pemahaman Visi dan Misi Program Studi S1 Kewirausahaan dilaksanakan secara berkala dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman civitas academika terhadap Visi dan Misi dari Program Studi S1 Kewirausahaan. Dengan adanya evaluasi ini untuk mendapatkan umpan balik terkait upaya perbaikan secara berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kepada civitas academika dan menentukan komponen atau aspek dari Visi dan Misi yang perlu segera ditindaklanjuti. Survei dilaksanakan secara online melalui link https://forms.gle/TG4xdPo29KFo33cg7 Pengolahan Kuesioner dibantu dengan software Microsoft Excel, diolah dengan menggunakan Skala Likert dapat memperlihatkan item yang dinyatakan dalam beberapa respons alternatif (4=sangat baik (SB), 3=baik (B), 2=cukup baik (CB), 1=kurang baik (KB)).
Responden
Gambaran responden adalah sebagai berikut:
Tabel Jumlah Responden
Tahun Akademik | Responden | |||
Pejabat Struktural | Dosen | Tenaga Kependidikan | Mahasiswa | |
2019/2020 | 12 | 8 | 5 | 25 |
Hasil Survey
- Status Responden
Berdasarkan status responden, maka dapat diketahui bahwa jumlah responden secara keseluruhan sebanyak 50 orang, dengan perincian pejabat struktural sebesar 24 %, Dosen sebesar 16 %, Mahasiswa sebesar 50 % dan Tenaga Kependidikan sebesar 10%.
- Lama bergabung
Dapat disimpulkan bahwa responden yang bergabung kurang dari 1 tahun sebesar 26 %, antara 1 – 2 tahun sebesar 64 % dan antara 1 – 3 tahun sebesar 10 %.
- Sosialisasi Visi Misi
- Informasi /penjelasan /sosialisasi tentang Visi dan Misi Program Studi S1 Kewirausahaan
Responden semuanya sudah mendapatkan informasi /penjelasan atau sosialisasi tentang Visi dan Misi Program Studi S1 Kewirausahaan, sehingga prosentasenya sebesar 100 %.
- Asal informasi /penjelasan /sosialisasi tentang Visi dan Misi
Informasi /penjelasan /sosialisasi tentang Visi dan Misi berasal dari Buku Panduan Akademik sebesar 78 %, Buku Perwalian Mahasiswa 80%, Pemberitahuan atau penjelasan dari dosen pengajar sebesar 30%, visi dan misi yang terpasang sebesar 24v %, brosur sebesar 16 %, situs www.unpand.ac.id
sebesar 68 % dan WA Group mahasiswa sebesar 20 %
- Hasil kuesioner visi misi Prodi S1 Kewirausahaan
Visi Program Studi S1 Kewirausahaan adalah menjadi Program Studi yang mendidik dan menghasilkan Pelaku Usaha yang menguasai Digital Marketing pada tahun 2022
No | Pertanyaan | Sangat Mengetahui | Mengetahui | Cukup Mengetahui | Tidak Mengetahui | Sangat Tidak Mengetahui | |||||
Jml | Skor | Jml | Skor | Jml | Skor | Jml | Skor | Jml | Skor | ||
5. | Visi P Program Studi S1 Kewirausahaan adalah menjadi Program Studi yang mendidik dan menghasilkan Pelaku Usaha yang menguasai Digital Marketing pada tahun 2022 terdapat pada tabel di bawah ini : | 28 | 56% | 22 | 44% | - | - | - | - | - | - |
6. | Misi Program Studi S1 Kewirausahaan adalah : 1) Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis kewirausahaan, 2). Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan bisnis yang kreatif dan inovatif serta mampu menganalisis peluang bisnis dan mewujudkannya dalam bisnis yang nyata, 3). Menghasilkan produk yang dapat mengangkat potensi lokal ke kancah regional, nasional maupun internasional dengan berbasis teknologi digital. | 25 | 50% | 25 | 50% | - | - | - | - | - | - |
ÂÂ