Survey Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Kemahasiswaan - Universitas Pandanaran Semarang

Maksud dan Tujuan

Survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Universitas Pandanaran dilaksanakan secara berkala. Survey ini dilakukan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan pengisian kuesioner dalam rangka untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dan alumni mengenai pelayanan yang diberikan. Tujuan pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan Universitas secara menyeluruh. Selain itu juga sebagai bahan evaluasi agar Universitas memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa.

Metode Evaluasi

Meode pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa ini dilakukan dengan tahapan pengembangan desain dan instrument, pengumpulan data, analisa data dan pelaporan. Pengukuran kepuasan pengguna layanan kemahasiswaan yaitu dilakukan satu tahun sekali oleh Bidang Kemahasiswaan melalui survei kepuasan layanan kemahasiswaan yang meliputi layanan beasiswa, layanan Penalaran, Minat dan Bakat, dan layanan Bimbingan Karir dan Kewirausahaan. Survei dilaksanakan secara online melalui https://forms.gle/BmwgArMBMFhJJxh9A. Pengolahan Kuesioner dibantu dengan software Microsoft Excel, diolah dengan menggunakan Skala Likert dapat memperlihatkan item yang dinyatakan dalam beberapa respons alternatif (4=sangat baik (SB), 3=baik (B), 2=cukup baik (CB), 1=kurang baik (KB)). Gambaran responden adalah sebagai berikut:

Tabel. Jumlah Responden

Tahun Akademik

Responden (Mahasiswa)

2019/2020

19

Hasil Pelaksanaan Survey

Hasil survei dianalisis secara statistik dan menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pelaksana Penelitian yang diperoleh dengan perhitungan rata-rata skor jawaban responden yang sesuai dengan butir pertanyaan.

  1. Kepuasan mahasiswa atas layanan beasiswa


  1. Kepuasan mahasiswa atas layanan bakat dan minat


  1. Kepuasana mahasiswa atas layanan bimbingan karir dan kewirausahaan